Kaleidoskop Mimpi Dua Ribu Dua Belas

Saya percaya bahwa waktu itu tidak terbatas pada ruang. Tidak bernama, juga tidak tersekat oleh angka. Penamaan waktu seperti pukul 00.00, hari Selasa, tahun 2013, atau penamaan zaman semisal zaman pra atau pasca, hanyalah sebutan manusia belaka untuk menandai peristiwa. Mencatatnya, untuk kemudian merayakannya sebagai sejarah, atau saya lebih suka menyebutnya semacam kaleidoskop mimpi.

 Jadi, jika kita sepakat bahwa penamaan waktu hanya sebagai sebuah penanda, maka lazimnya sahabat semua, saya juga punya mimpi yang menandai peristiwa. Pun saya juga meyakini bahwa tidak semua mimpi kita menjadi kenyataan. Katakanlah sebelum tahun dua ribu dua belas, sobat punya beribu mimpi. Namun, rasanya sulit untuk mengatakan bahwa mimpi-mimpi yang sobat bangun itu terwujud semua ditahun tersebut. Seperti halnya saya.

Nah, pada kesempatan ini, saya akan kembali mengevaluasi mimpi-mimpi saya yang belum terwujud di tahun kemarin. Karena sejatinya, evaluasi adalah instrumen yang tepat untuk menilai. Dengan evaluasi ini, kita akan mengetahui apakah kita masih berdiri di jalur mundur atau di jalur maju. Dalam istilah sosiologi, sintesis itu muncul karena adanya tesis dan anti tesis. Begitu kira-kira.

Saya sempat mencatatkannya pada buku harian. Menjelang akhir tahun dua ribu sebelas, atau menjelang awal tahun dua ribu dua belas. Beberapa mimpi itu misalnya;

Pertama, mempunyai blog dengan domain dot com. Meski sudah tercatat secak permulaan tahun, namun mimpi ini baru terwujud sekitar bulan November dua ribu dua belas. Semsetinya, sesuai dengan catatan, mimpi mempunyai blog dengan domain dot com harusnya terwujud pada bulan Februari lalu. Akan tetapi, karena satu dan lain hal (alibi belaka), saya baru mampu mewujudkannya delapan bulan kemudian. Ibarat pak tani, mimpi ini baru terwujud seumur jagung. Orang Jawa bilang (ini bukan chauvinis), alon-alon asal kelakon. Atau, biar telat tapi tetap terlaksana.

Kedua, menerbitkan novel. Nah, mimpi ini sebenarnya selalu saya catatkan pada setiap permulaan tahun semenjak saya mencintai buku berpuluh tahun lalu. Namun, karena satu dan lain hal (dan saya yakin ini bukan alibi), mimpi ini belum bisa saya bentuk menjadi kenyataan. Pada perjalanannya, menulis fiksi itu ternyata selain wajib mempunyai kemauan, juga harus diiringi dengan inspirasi. Inspirasi inilah barangkali yang kerap datang dan pergi sesuka hati, sehingga mimpi menerbitkan buku tak jua aku tamatkan menjadi kenyataan. Dan lazimnya sebuah perayaan, ditahun yang barunya cuma sehari ini, saya kembali mencatatkan mimpi ini sambil mengadahkan tangan semoga Tuhan memberi kekuatan untuk mengubah mimpi ini menjadi kenyataan.

Ketiga, punya momongan ke dua. Mimpi ini bisa dikatakan mudah, bisa juga dibilang susah. Mudah, karena memang mudah melakukannya. Susah, karena belum tentu kemudahan itu berbuah momongan. (Ah, saya kira tidak perlu saya riwayatkan prosesnya di sini). Hanya, syukur kepada Tuhan semata karena usaha mewujudkan mimpi ini sepertinya hendak menjadi kenyataan ketika perut istri sudah hamil lima bulan. Semoga gampang, lancar, gangsar, dan sehat walafiat, seperti doa kami setiap malam. Amin.

Itu adalah mimpi besar saya di tahun dua ribu dua belas yang lalu. Satu mimpi terwujud, satu mimpi belum berwujud, dan satu mimpi setengah berwujud. Tugas saya selanjutnya adalah mewujudkan mimpi menerbitkan novel, menggenapkan mimpi yang setengah terwujud di tahun dua ribu tiga belas ke depan. Semoga, dua belas bulan ke depan adalah waktu yang cukup untuk mewujudkannya.
Baiklah, saya kembali ke soal waktu. Entah sejak kapan manusia memberi nama untuk waktu. Kita hanya terbiasa mengucapkan kata; selamat! Dan karena saya adalah bagian dari spesies yang bernama manusia, maka dengan ini, saya dan keluarga mengucapkan selamat tahun baru dua ribu tiga belas. Semoga mimpi dan harapan sobat semua dapat menjadi kenyataan. Amin.  

40 comments:

  1. Ditunggu novelnya dan semangat buat momongan keduanya :>)

    follow #68, silahkan berkunjung. folback jika berkenan. salam kenal bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur nuwun mas Dirga? Siap berkunjung balik...salam:)

      Delete
  2. Pertama>sayapun baru bulan nopember akhir membuat blog baru karena sangat penasaran dengan format WP juga pingin bikin blog yang lebih serius menulis hal-hal yang butuh wawasan, walo ini dalam tahap belajar tapi saya merasa optimis.
    Kedua>saya sangat mendukung dan mendo'akan njenengan bisa membuat novel seprti yang sebagain pernah di tulis di blog ini, keren
    Ketiga>Alloh Ta'ala lebih tahu apa yang terbaik untuk umatNya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Ya Alloh...terima kasih Kang, atas supportnya. Sedang berusaha sekuat tenaga mewujudkan mimpi menerbitkan novel. Mari kita sama-sama berdoa di tahun 2013 semoga segala mimpi dapat kita wujudkan...salam:)

      Delete
  3. kunjungan siang sob
    maaf belum sempat baca semua posts nya,suport dulu ya sob,salam sukses.

    ReplyDelete
  4. Happ new year... semoga kesuksesan, kabahagian dan kesehatan selalu menyertai bang Ibrahim dan keluarga, salam semangat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebahagiaan dan kesehatan itu yang utama. Makasih Mbak De? Juga Mas Hermanbagus atas doanya..

      Delete
  5. hadir disini teman, salam suksesya :)

    ReplyDelete
  6. semoga bukunya segera terbit dan juga segera dpt momongan kedua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika mau menunggu, insya Allah bukunya akan menjadi kenyataan Mbak? terima kasih atas doanya. salam:)

      Delete
  7. Aamiin. semoga diijabah Allah ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suwun Mbak Mudniar, semoga doanya terkabul. Amin :)

      Delete
  8. selamat tahun baru ya. smeoga bukunya segera terbit

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat tahun baru juga mbak? Terima kasih doanya...

      Delete
  9. novelnya apa pak??
    sudah sampe di rak gramedia belum ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimpinya sudah ada di rak gramedia mbak? Tapi judul mimpinya "Coming Soon" hehe..

      Delete
  10. kalau impian saya bisa menjadi orang yang sukses dunia akhirat bang,,hhehe
    punya istri cantik,baik, dan pinter
    punya anak yang berbakti pada orang tua, bangsa dan agama..
    semoga impian baik kita semua bisa terwujud..amiiiiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau sukses di dunia barangkali logis, tapi sukses di akhirat, gimana tuh? Tapi saya doakan, dan mari kita sama2 berdoa kawan. untuk satu kata yang kerap kita sebut sukses. amin

      Delete
  11. knjungan prtama mas....
    mimpi mas yg pertama dan kedua itu sm sperti saya. tp ke 22 nya blum trwujud.hehehe....

    sukses trus lah pkoknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas Andy, maaf agak telat silaturahminya. salam:)

      Delete
  12. Semoga tercapai semua ya mas. Tetap semangat and talk less do more hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya dengan menuliskan di blog ini tentang mimpi saya itu adalah much talk lho mas? do more nya kadang2 yang ampuun susahnya. Tapi terima kasih doanya...salam:)

      Delete
  13. unik banget mimpinya bang! beberapa mimpi yang diceritakan mirip sepeti mimpiku. mimiliki domain khusus (dot com) dan jadi penulis itu mmpiku, tapi aku baru mencari calon istri. hehe, selamat atas prestasinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur, saya itu selalu bingung dengan kata unik mas? Penuh kontradiksi dan subyektif. tapi bagaimanapun, saya harus berterima kasih dama mas Abdul untuk doanya. Salam:)

      Delete
  14. Replies
    1. Amin. Terima kasih Mas Arif, sukses juga buat panjenengan.

      Delete
  15. wah salam sukses selalu sob sambil nyimak mimpi yang terkabul baru satu yang lain menyusul katanya gitu ce

    ReplyDelete
  16. yuhuii... ditunggu novelnya. cara nulis di posting aja bagus begini Mas, tentu bikin novel juga mengalir indah. ditunggu novelnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas, tolong saya dibantu dengan doa saja semoga novelnya segera mewujud..amin

      Delete
  17. Artikelnya keren sob. sambil nyimak

    kalau ada waktu mampir diblog saya ya.

    ReplyDelete
  18. Semoga mimpi yang belum terwujud di tahun sebelumnya,akan terwujud di tahun ini....
    Amiinnn..... :)

    ReplyDelete
  19. setiap orang memiliki mimpi, dan butuh usaha ekstra keras agar semua mimpi itu bisa terwujud nyata
    terus semangat mas, pasti di tahun 2013 ini semua mimpi anda bisa terwujud

    ReplyDelete
  20. semoga mimpi itu semua akan teruwjud. apa sudah terwujud ya? :D

    jual sepatu online

    ReplyDelete